Partisipasi Masyarakat Masih Rendah

Kalau berbicara performa pelayanan publik, ada tiga ukuran yang Komisi Pelayanan Publik (KPP) Jawa Timur gunakan. Pertama, performa standar pelayanan publik (SPP). Kedua, komitmen instansi penyelenggara untuk melaksanakan SPP secara nyata. Ketiga, pelibatan masyarakat atau partisipasi. Berdasar laporan terakhir yang KPP terima, jumlah penyampaian laporan SPP ke gubernur sudah mencapai 1.300-an. Berdasar laporan ini, pelayanan publik di Jatim sudah berstandar dari sisi laporan. Namun, banyak instansi penyelenggara belum berkomitmen menyelenggarakan SPP secara optimal. Beberapa kasus KPP temukan di daerah. Misalnya, masih maraknya pungli dalam pelayanan perizinan. Sementara, terkait partisipasi, berdasar hasil survei KPP pada 2008, pelibatan masyarakat masih rendah dalam penyusunan SPP dan penyelenggaraan pelayanan publik.

Partisipasi masyarakat dalam pembuatan SPP relatif belum menjadi agenda penyelenggara pelayanan. SPP baru disusun oleh penyelenggara sendiri. Padahal, kalau berbicara partisipasi, tentunya dalam penyusunan harus ada keterlibatan stakeholder. Yakni, masyarakat, tokoh masyarakat, LSM, dan pemerhati pelayanan publik. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk menuju kondisi ideal dalam pelayanan public adalah Pertama, kembali kepada komitmen bupati dan wali kota sebagaimana telah ditandatangani bersama pada 10 April 2007. Yakni, komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara faktual. Kedua, masyarakat perlu dilibatkan secara masif betul dalam penyelenggaraan pelayanan publik sehingga akan menggugah motivasi penyelenggara pelayanan. Untuk mewujudkan pelayanan terbaik, perlu melibatkan suara masyarakat. Sebab, yang dilayani adalah masyarakat.

Kata kunci : Komisi Pelayanan Publik (KPP), Standar Pelayanan Publik, Partisipasi

2009, Partisipasi Masyarakat Masih Rendah

Artikel, available : http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=89295

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>