Partisipasi Warga Malang Terhadap Pendidikan SMA Rendah

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, partisipasi warga Kabupaten Malang terhadap tingkat pendidikan jenjang SMP dan SMA masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah siswa lulusan SMP yang melanjutkan ke SMA, yakni dari 600 siswa per tahun, hanya 25 persen atau 150 siswa yang melanjutkan ke jenjang SMA. Selain itu, dari total jumlah penduduk Kabupaten Malang yang mencapai 2,7 juta, Angka Partisipasi Kasar (APK) warga Kabupaten Malang untuk melanjutkan ke jenjang SMP dan SMA yang hanya 92,26 persen, dibandingkan Provinsi Jatim yang mematok 95 persen dari total penduduk sekitar 38 juta. APK menunjukkan tingkat partisipasi penduduk secara umum di suatu tingkat pendidikan. APK merupakan indikator yang paling sederhana untuk mengukur daya serap penduduk usia sekolah di masing-masing jenjang pendidikan.

Rendahnya tingkat APK ini disebabkan oleh faktor geografis dan tren bersekolah di luar Kabupaten Malang. Sedangkan pengamat pendidikan kawasan Malang Raya menilai fenomena rendahnya APK lebih disebabkan rendahnya kesadaran orang tua dan masyarakat terhadap masalah pendidikan.   Tidak adanya dorongan dari orang tua dan lingkungan membuat siswa setengah hati melanjutkan sekolah dan berakhir drop out. Ditambah lagi ketidakmampuan secara financial untuk menyekolahkan anak-anaknya menjadi salah satu permasalahan rendahnya APK di Kabupaten Malang.

Kata kunci : Pendidikan SMA, APK, Partisipasi

Abdul Malik, 2010, Partisipasi Warga Malang Terhadap Pendidikan SMA Rendah, artikel

available : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/47109/partisipasi-warga-malang-terhadap-pendidikan-sma-rendah
ABSTRAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>