Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Langsung Gubernur Sumatera Utara

Selama ini paling tidak ada tiga faktor yang mempengaruhi keputusan untuk memilih atau tidak memilih. Pertama, identitas partai. Kedua, kemampuan partai dalam menjual isu kampanye. Ketiga, penampilan kandidat. Dalam Pemilu Legislatif tahun 2004, sebaran suara pemilih di Kabupaten Labuhan Batu secara dominan masih berada pada partai politik yang sudah besar dan mapan serta memiliki dukungan pemilih yang besar. Sebaran suara pemilih tersebut memperlihatkan perubahan yang cukup ‘unik’ dalam Pilkada secara langsung. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh partai-partai besar yang menang dalam Pemilu Legislatif tahun 2004 kalah oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh gabungan partai politik.

Dalam Pilkada secara langsung di Kabupaten Labuhan Batu khususnya di Kelurahan Bakaran Batu berlangsung dengan sportif, masyarakat Bakaran Batu tidak terpengaruh isu suku, agama, ras, dan ‘politik uang’. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun bentuk dari metode deskriptif yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi, angket dan studi pustaka.

Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pemilih dalam Pilkada secara langsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus slovin. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa dalam Pilkada secara langsung di Kabupaten Labuhan Batu, Kelurahan Bakaran Batu, terdapat hubungan yang cukup kuat antara orientasi kandidat dan orientasi isu dengan perilaku pemilih.

Kata Kunci : Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur

Deskripsi Dokumen : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14859/1/09E01121.pdf

Judul: Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Langsung Gubernur Sumatera Utara Secara Langsung di Kabupaten Labuhan Batu (Studi Kasus : Di Kelurahan Bakaran Batu, Kabupaten Labuhan Batu).

Penulis: Fera Hariani Nasution

Sumber: Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, 2009.

One Response to Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Langsung Gubernur Sumatera Utara

  1. Muhammad Daud says:

    tulisan cukup baik, boleh tidak sy mendapatkan hasil lengkap tulisan ini, karena kebetulan saya sedang menulis masalah pilkada di Sulawesi Selatan, trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>