Tingkat Kesadaran Politik Pemilih Pemula dalam Pilkada

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesadaran siswa SLTA sebagai pemilih pemula dalam pilkada dalam konteks berpolitik dan penerapan sekolah sebagai laboratorium demokrasi (School-Based Democracy Education). Penelitian mengambil sampel siswa SLTA di kecamatan Pamulang-Banten sebanyak 35 responden dan kota Bandung serta Bekasi sebanyak 40 responden. Masing-masing mengambil 3 asal sekolah yang berbeda. Responden adalah siswa yang telah melakukan pemilihan/pencoblosan pada masa pilkada untuk memilih kepala dan wakil daerah di wilayah administrasi Banten (tahun 2006) dan Jawa Barat (tahun 2008). Penelitian ini menggunakan metodologi observasi, wawancara langsung dan pengisian kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kesadaran siswa sebagai pemilih pemula dalam pilkada menunjukkan perbedaan yang didasarkan pada pemahaman dan pengalaman belajar konsep berpolitik di tingkat persekolahan. Sedangkan 60 persen siswa senang terdaftar sebagai pemilih pemula dalam Pilkada. Sebagai pemilih pemula siswa dihadapkan pada persoalan psikologis yaitu menempatkan jati diri dan pemahaman tentang belajar berpolitik yang banyak dipengaruhi oleh pergaulan antar rekan sejawat dan lingkup persekolahan. Selain itu jika dipetakan dari tingkat kesadaran tidak terlepas dari pengalaman yang masih baru dan awam sebagai pemilih pemula, sehingga peran guru dan lingkungan persekolahan dapat dijadikan laboratorium demokrasi yang komprehensif. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran ikut aktif berpolitik telah menjadi kekuatan individu siswa dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Faktor-faktor yang menonjol dari tingkat kesadaran politik siswa sebagai pemilih pemula dalam pilkada dapat ditemukan dalam daya kritis siswa seputar pemahaman makna berpolitik di diskusi kelas.

Kata kunci: kesadaran politik, pemilih pemula, pilkada, school-based democracy education

Deskripsi Dokumen: http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_poster_session_pdf/Suhartono_TingkatKesadaranPolitikPemilihPemuladalamPilkada.pdf

Judul: Tingkat Kesadaran Politik Pemilih Pemula dalam Pilkada; Suatu Refleksi School-Based Democracy Education (Studi Kasus Pilkada Provinsi Banten dan Jawa Barat).

Penulis: Suhartono, Rahmat Mamuasi, Martiman, dan Dety Mulyati

Sumber: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unieversitas Pendidikan Indonesia,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>