Sumsel Provinsi Tercepat dalam Penyelesaian KTP Elektronik

Palembang – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi provinsi pertama dan tercepat dalam menyelesaikan program KTP elektronik (e-KTP). Hal itu diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, saat memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan 15 kabuapten Kota, Senin (16/4) di Griya Agung, Palembang.

Menurut Gamawan, saat ini dari 197 daerah untuk 33 Provinsi di Indonesia yang telah menyelesaikan 100 persen baru Sumsel,  ini menunjukkan prestasi luar biasa dalam keseriusan provinsi ini melaksanakan program nasional.

“Hari ini menjadi provinsi terdepan dan besok akan menjadi teladan, karena Provinsi Sumsel ini sangat serius mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Dituturkan Gamawan selain Sumsel ada 5 provinsi yang hampir menyelesaikan e-KTP yaitu Bangka Belitung, Jatim, Sumut dan DKI Jakarta. Tetapi kelimanya belum bisa melaksanakan seratus persen.

“Sumsel menjadi tercepat karena para kepala daerahnya dan DPRD memberikan apresiasi luar biasa kepada Camat, bahkan Walikota sendiri harus turun hingga jam 2 malam,” tegasnya.

Dikatakannya secara nasional target penyelesaian e-KTP akan diselesaikan sebanyak 75 juta e-KTP. Dan saat ini telah selesai 72 juta, optimis bisa selesai selama 2 minggu ini.

“Memang ini proyek besar tidak kurang dari Rp 5.8 Triliun dikucurkan oleh Pemerintah pusat untuk melakukan persiapan, pembelian peralatan serta honor petugas,  malu hukumnya bila proyek nasional ini tidak dapat diselesaikan,” ujar Mantan Gubernur Sumatera Barat.

Sementara itu Gubernur Alex Noerdin memastikan di Sumsel terdapat 4.5 dari 8.4 juta penduduk yang wajib mengikuti program e-KTP. proses perekam di kantor kecamatan sudah dimulai semenjak bulan Oktober lalu.

“Meski perekam sudah tuntas, dimintakan petugas untuk tetap siap sedia lakukan perekam bagi program regular. Jangan cepat puas diri,”tegasnya.(NS)

Sumber: http://www.gatra.com/nusantara/sumatera/11398-sumsel-provinsi-tercepat-dalam-penyelesaian-ktp-elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>