Pemkot Bekasi Butuh Tambahan Puluhan Truk Sampah

BEKASI–MICOM: Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Jawa Barat, memerlukan tambahan 32 truk pengangkut sampah untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Idealnya Kota Bekasi memiliki 240 truk pengangkut sampah supaya semua sampah yang dihasilkan warga setiap hari dapat terangkut,” kata Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Dinas Kebersihan Kota Bekasi Ratim di Bekasi, Minggu (6/5).

Menurut dia, penambahan armada tersebut dapat meminimalkan tumpukan sampah di lahan-lahan yang bukan peruntukannya atau lebih dikenal dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

“Armada yang dimiliki saat ini baru 102 unit, sebanyak 10 di antaranya diperoleh dari hasil pengadaan tahun 2011. Untuk tahun 2012, kami mengajukan tambahan 32 truk untuk mengejar kebutuhan ideal,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah ideal tersebut sulit direalisasikan akibat keterbatasan anggaran daerah. Namun tambahan armada cukup membantu untuk meningkatkan pelayanan pengangkutan.

Selain mengajukan pengadaan truk sampah, kata dia, Dinas Pendidikan juga meminta pengadaan bak kontainer untuk ditaruh di sejumlah lokasi. Dari 40 unit bak kontainer yang diajukan, sebagian disetujui pengadaannya.

“Kontainer juga masih kurang sekitar 100 unit lagi, karena jumlah TPS liar banyak sekali. Dengan adanya kontainer, diharapkan TPS liar bisa dikurangi karena warga dapat membuang sampahnya di kontainer,” katanya.

Bak-bak kontainer itu akan dibagikan ke seluruh kecamatan. Akan tetapi, kecamatan yang paling banyak kehadiran TPS liar akan mendapat prioritas. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/06/317853/38/5/Pemkot-Bekasi-Butuh-Tambahan-Puluhan-Truk-Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>