Tentang Lembaga Pendukung

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang didirikan sejak tahun 1968, merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak yang terdapat di Universitas Indonesia. Dikatakan demikian karena sejak berdiri sampai dengan tahun 2005, FISIP UI berkembang dengan pesat sehingga memiliki 35 program studi dengan 52 program kekhususan, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 6.390 orang (semester genap 2008) yang tergabung dalam 8 departemen.
Secara kelembagaan, FISIP UI merupakan bagian dari BHMN (Badan Hukum Milik Negara) Universitas Indonesia. Sejak tahun 2001, melalui Peraturan Pemerintah nomor 152, Universitas Indonesia ditempatkan sebagai BHMN, yaitu sebuah lembaga yang secara manajemen otonom dari pemerintah. Dengan status tersebut Universitas memiliki Anggaran Rumah tangga sendiri, yang dituangkan dalam bentuk keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia tahun 2003 melalui SK No. 01/SK/MWA-UI/2003. Unit kerja di lingkungan FISIP UI yang mendukung secara langsung aktivitas Local Governance Watch adalah Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.

http://www.fisip.ui.ac.id/

Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI

Departemen Ilmu Administrasi didirikan pada 1 September 1962. Departemen Ilmu Administrasi terdiri dari tiga program studi, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Administrasi Fiskal.
Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menyadari bahwa dalam memasuki era kompetisi global dan pasar terbuka para lulusan (sarjana) ilmu administrasi di Indonesia akan menghadapi kompetisi yang keras untuk menjamin dapatnya pekerjaan baik di tingkat lokal maupun internasional. Karenanya, adalah merupakan suatu keharusan bagi Departemen Ilmu Administrasi untuk menyiapkan, meningkatkan dan membekali para lulusannya dengan pengetahuan akademik yang prima, pengetahuan dan kemampuan yang lebih aplikatif yang dibutuhkan dalam era kompetisi regional dan internasional.

http://admsci.ui.ac.id/

The Partnership for Governance Reform

Kemitraan didirikan pada bulan Maret tahun 2000 sebagai sebuah proyek Program Pembangunan PBB (United Nations Development Program/UNDP) yang dirancang untuk membantu Indonesia mewujudkan tata pemerintahan yang baik di semua tingkat pemerintahan. Kemitraan mulai beroperasi pada bulan Mei tahun 2001 dengan Direktorat Aparatur Negara Bappenas sebagai Lembaga Pengampu (Executing Agency), Kemitraan sebagai Lembaga Pelaksana (Implementing Agency) dan UNDP sebagai Manajer Dana Perwalian (Trust Fund Manager).
Kemitraan menjadi sebuah badan hukum mandiri pada tahun 2003 dan terdaftar sebagai sebuah perkumpulan perdata nirlaba. Selama sembilan tahun terakhir, Kemitraan telah berkembang dari awalnya sebagai proyek UNDP menjadi organisasi yang dikelola bangsa Indonesia yang terpercaya, mandiri, dan terkemuka. Karena kepemilikan nasional ini, Kemitraan memiliki posisi yang unik untuk memprakarsai program-program yang memerlukan dukungan dari pemerintah.

http://www.kemitraan.or.id