Strategis

Secara prinsip kemitraan antara Local Governance Watch (LoGoWa) dibangun atas dasar keuntungan timbal-balik yang mengarah pada kepedulian bersama (Care) dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan (Share).

Local Governance Watch menjalin kemitraan sejajar dengan pihak mitra berupa pakar terkait atau NGO yang menaruh minat pada isu-isu otonomi daerah sebagai focal point di daerah yang menjadi lokus kajian. Kemitraan juga dapat dilakukan dalam setiap proyek kegiatan. Local Governance Watch menjalin kerjasama dengan lembaga lain dalam ruang lingkup proyek kegiatan yang dikerjakan bersama pada jangka waktu tertentu. Masing-masing pihak berkontribusi sumberdaya dan jasa yang diperlukan satu sama lain dalam rangka proyek yang dikerjakan. Ketika proyek kegiatan selesai, kerjasama secara formal pun berakhir dalam ruang lingkup proyek yang bersangkutan.

Bentuk Konkret Kemitraan secara Timbal-Balik:

Local Governance Watch:

  1. Menyediakan analisis singkat perkembangan kebijakan reformasi administrasi secara umum dan pemerintahan daerah secara khusus (policy brief) kepada pihak mitra.
  2. Menyampaikan hasil penelitian kepada pihak mitra secara eksklusif.
  3. Menyediakan media bagi pertukaran informasi dan gagasan secara timbal-balik secara online melalui website www.logowa.ui.ac.id
  4. Menyediakan profil pihak mitra—termasuk tautan (link) URL jika pihak mitra memiliki alamat website—pada laman website LoGoWa.
  5. Memberikan pelatihan dan berbagi pengetahuan (knowledge-sharing) dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan pihak mitra (bersifat tentative – tergantung ketersediaan atau cost-sharing dengan serta disesuaikan dengan kebutuhan kedua belah pihak).
  6. Menyelenggarakan pertemuan secara berkala dengan berbagai mitra untuk pertukaran informasi dan pembahasan isu-isu kekinian dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
  7. Melakukan penelitian dan advokasi bersama-sama dengan mitra Logowa.

Pihak Mitra

  1. Menyediakan data dan informasi terkini daerah yang menjadi wilayah aktivitas pihak mitra kepada LoGoWa.
  2. Menyampaikan ringkasan hasil proyek kepada LoGoWa secara eksklusif.
  3. Berbagi pengetahuan mengenai dan pengalaman kegiatan advokasi di daerah.
  4. Pihak mitra bersedia menjadi mitra lokal dalam proyek yang diselenggarakan LoGoWa di daerahnya.
  5. Memberikan pelatihan dan berbagi pengetahuan (knowledge-sharing) mengenai operasionalisasi NGO (bersifat tentative – tergantung format pembiayaan yang tersedia atau format cost-sharing dengan LoGoWa).